Musik Trance, Fakta Menarik Tentang Musik Trance - MetalTrance

Musik Trance, Fakta Menarik Tentang Musik Trance

Pernahkah kamu mendengar apa itu musik trance? Memang, ada beberapa orang yang kurang familiar dengan genre musik ini, namun trance menjadi salah satu genre musik yang cukup populer di kalangan masyarakat dan memiliki penggemar tersendiri. Musik ini masuk dalam bagian aliran musik electronic dance dengan karakter jumlah beat yang berkisar di angka 130 hingga 150 beat per menit.

Selain itu, trance memiliki pengulangan irama melodi serta bentuk musik yang naik dan turun sepanjang lagu. Kombinasi beat dan sifat melodi trance membuat musik ini memiliki genre tersendiri. Meskipun demikian, di dalam trance juga terdapat beberapa variasi dari musik elektronik, seperti house, techno, pop, chill-out, musik film dan musik klasik.

Karakter Musik Trance

Trance merupakan genre musik yang memiliki karakteristik yang cukup unik. Musik ini merujuk pada jenis musik yang mengangkat perasaan yang emosional, perasaan lepas, dan lainnya. Secara harfiah, trance berarti keadaan dimana seseorang berada dalam alam bawah sadar. Sesuai dengan arti harfiahnya tersebut, musik ini bisa membuat pendengar menjadi terhipnotis dan merasa senang ataupun juga sedih. Sensasi yang cenderung emosional ini akan tercipta melalui kombinasi beragam jenis ritme dan juga layer musik, di mana muncul dan disertai dengan melodi serta vokal yang repetitif.

Sejarah Musik Trance di Dunia

Kemunculan musik trance di dunia pertama kali diprediksi sekitar akhir tahun 1980an di Britannia Raya atau wilayah Inggris dan Wales. Namun, trance di Inggris tersebut masih berada dalam bentuk yang sangat sederhana. Pengembangan trance yang cukup signifikan terjadi di Jerman sekitar awal 1990an. Dalam masa ini, genre musik ini diperbaiki sedemikian rupa hingga berhasil meraih simpati masyarakat. Bahkan, pertunjukan musik ini pertama kali di gelar di Frankfurt, Jerman pada tahun 1993.

Setelah konser trance yang diadakan di Frankfurt, trance mulai menyebar di dataran Eropa hampir secara keseluruhan. Persebaran trance di dataran Eropa yang luas membuat musik ini mengalami perubahan dan memunculkan beberapa aliran musik yang baru. Trance mulai hadir di beberapaclubdi Eropa dan seringkali disebut sebagai musik club.

Macam Jenis Genre Musik Trance

Perkembangan musik trance membuat genre musik satu ini muncul dengan beberapa cabang aliran yang baru. Beberapa aliran trance yang muncul dan berkembang di masyarakat adalah sebagai berikut:

  • Classic Trance
  • Progressive Trance
  • Goa Trance
  • Psytrance – Psychedelic Trance
  • Ambient Trance
  • Dream Trance
  • Uplifting Trance
  • Hard Trance
  • Dan masih banyak lagi
Klik :   Musik Trance Indonesia Sejarah dan Perkembangannya

Dalam perkembangannya, uplifting trance menjadi salah satu aliran yang paling berkembang. Cabang aliran ini seringkali disebut dengan nama Anthem Trance, Epic Trance, Stadium Trance, ataupun Euphoric Trance dan mendapat pengaruh yang cukup kuat dari musik klasik medio 1990an. Paduan musik trance dengan musik klasik tersebut salah satunya menghasilkan cabang Uplifting Trance dengan simfoni yang muncul pada musik orchestra.

Festival Musik Trance

Seiring perkembangan musik trance yang cukup pesat dan banyaknya penggemar baru yang menyukai genre ini, festival trance mulai banyak digelar di beberapa wilayah di dunia. Beberapa festival trance yang sudah pernah diadakan diantaranya adalah sebagai berikut:

Musik Trance di Asia

Di Asia, festival trance diselenggarakan tepatnya pada bulan Desember, 2007 dan bertempat di India. Festival ini adalah yang pertama untuk wilayah Asia Selatan dan bertempat di tepi pantai barat India. Pada festival ini, hadir lebih dari 5,000 pecinta trance dari seluruh dunia dan menghadirkan Carl Cox serta John Fleming sebagai bintang tamu. Selain di India, beberapa tahun kemudian, festival ini diselenggarakan di Thailand. Ribuan orang dari seluruh dunia hadir di festival tersebut dan mereka berkumpul di Sunrise Beach untuk berdansa di bawah sinar purnama.

Musik Trance di Eropa

Eropa menjadi daerah yang cukup sering menyelenggarakan festival musik trance. Ada beberapa festival trance yang diselenggarakan di Eropa dan dihadiri oleh ribuan peminat. Portugal menjadi salah satu negara pertama yang menyelenggarakan festival ini. Festival trance di Portugal mulai digelar sejak 1997 dan menjadi festival rutin dua tahun sekali yang diselenggarakan selama beberapa hari.

Selain Portugal, festival ini juga diselenggarakan di Swiss, tepatnya menjadi bagian dari Street Parade. Festival di Swiss termasuk salah satu festival terbesar di dunia yang dihadiri lebih dari 1 juta penonton setiap tahunnya. Belgia juga menjadi salah satu negara yang menyelenggarakan festival ini. Pada festival trance 2010 di Belgia, sebanyak 120,000 pengunjung datang dan memadati area festival tersebut.

Klik :   Tentang Ozora Festival Musik Goa Trance

Musik Trance di Amerika Serikat

Festival trance juga diselenggarakan di Amerika Serikat dan menjadi salah satu festival yang wajib. Ada beberapa ragam festival trance yang diselenggarakan di Amerika Serikat. Ultra Music Festival merupakan salah satu festival musik trance yang diselenggarakan secara outdoor dan biasanya diselenggarakan pada bulan Maret dan bertempat di Miami, Florida.

Selain itu, di Amerika Serikat juga diadakan Karnaval Electric Daisy. Ini adalah festival yang diselenggarakan oleh Insomaniac Event dan diselenggarakan mulai tahun 1997. Biasanya, festival ini diselenggarakan selama dua hari. Masih ada beberapa festival trance yang diselenggarakan di Amerika Serikat, seperti Nocturnal Festival di Texas, Beyond Wonderland di California, Electric Zoo Festival di New York dan Electric Forest Festival yang diselenggarakan selama empat hari di Michigan.

Musik Trance di Indonesia

Di Indonesia, trance masuk pada medio tahun 90an dan pertama kali muncul di Jakarta. Pada masa itu, sudah cukup banyak DJ yang memainkan genre musik ini, seperti DJ Ardi Pite. Trance sempat menjadi musik reguler di Parkit Club setiap hari Jumat. Perkembangan trance di Indonesia cukup signifikan dan ditandai dengan munculnya beberapa aliran baru yang membuat musik trance ini semakin digemari dan diterima oleh masyarakat sekitar.

Tidak hanya perkembangan trance yang cukup signifikan di Indonesia, di beberapa tempat, beberapa kelompok membentuk komunitas penggemar genre musik ini, yang salah satunya adalah Indo-trance dan mereka masih aktif hingga saat ini. Setelah munculnya komunitas pecinta trance, festival trance mulai digelar di beberapa tempat di Indonesia.

Tahun 2016 menjadi salah satu tahun di mana genre musik ini berada dalam puncak kejayaan. Di tahun 2016, cukup banyak festival trance yang dihadirkan oleh para komunitas, seperti Turn Back Trance, Trance Republic, Born in Trance dan lainnya. Melihat geliat nya, musik trance tampaknya akan semakin digemari di Indonesia. Venicka

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *