Musik Tekno Trance - Tentang Apa Itu Musik Techno - MetalTrance

Musik Tekno Trance – Tentang Apa Itu Musik Techno

Musik Tekno Trance, ya kalo mereka nyebutnya Tech Trance. Kali ini kita akan bahas tentang Subgenre yang cukup muda gan. Sebagaimana yang kita ketahui akhir-akhir ini, genre musik berlabel tekno cukup populer kan. Pada dasarnya Tekno Trance ini bisa dikatakan 11-12 dengan label Teknikal ya kalo di musik metal.

Sejarah Musik Tech Trance

Tech Trance dirintis oleh rombongan Oliver Lieb di pertengahan 90’an, diawal 2000an jenis musik ini sering disebut sebagai Electro Trance gans.

Dibandingkan dengan subgenre musik Trance lainnya, perkembangan musik Tech Trance tergolong lambat dulunya. Mungkin industri musik EDM ketika itu sumpek betul ya. Secara banyak genre bermunculan pada kurun waktu yang hampir bersamaan.

Berbeda dengan jaman dulu gans, saat ini musik-musik Tekno berada di level Komersil. Malah yang genre yang on top di jaman dulu sekarang terkesan underground. Yaaah begitulah adanya perubahaan pola konsumsi musik Trance dari zaman ke zaman.

Pengertian Musik Tekno Trance

Subgenre ini disadari muncul dan berkembang di pertengahan era 90’an gans, tapi saya berasumsi bibit dan cikal bakalnya sudah ada di penghujung 80’an. Dari namanya saja sudah menjawab bahwa pengaruh utama genre ini adalah musik Techno, yang mengakar pada komunitas Dance. Jadi secara mentah saya katakan Tekno Trance adalah Lagu techno yang diisi dengan hentakan dan tempo yang Trancy hahahaaa.

Terlepas dari peralatan teknologi canggih yang dipakai untuk menciptakan sebuah karya berupa musik digital. Penggunaan kata Techno disini dapat kita artikan juga sebagai teknik penciptaannya itu sendiri. Sebagaimana musik Technical Death metal yang begitu rumit, tertata dan full teknik luar dalam gans.

Klik :   Ilan Bluestone Dan Musik Trance, Berikut Faktanya


Sample gans, play dulu sebelum lanjut baca

Yap musik Tech Trance ini terdengar rumit, rame dan penuh gairah. Semangatnya agak mirip-mirip Psytrance ya?, tapi musik Psychedelic terdengar lebih Deep bukan Trancy, dan tentu tidak serame Tech Trance. Butuh teknik luar dalam tadi kan untuk menghasilkan lagu semacam itu. Setiap komponen suaranya begitu kompleks, berpadu dengan hentakan bass bertempo kencang.

Perkembangan Musik Tekno Trance

Tuh kan, walaupun munculnya di 90’an, musik ini baru berkembang setelah memasuki era milenia kedua gans. Bahkan di tahun 2006 keatas Tekno Trance barulah mengalami kemajuan yang signifikan. Berkat beberapa DJ seperti┬áMarco V,┬áDave Schiemann, Simon Patterson dan lainnya, musik ini memberikan kehidupan baru di level underground.

Dan saat ini, musik Tekno Trance cukup melekat dengan Musik Progressive Trance gans. Setelah berada di papan atas, Tekno Trance sudah tidak sekencang dulu lagi. Sering kali tekno trance sudah seperti lagu-lagu pop komersial karena diisi dengan artis vocal terkait. Namun ketika berada di kehidupan klub dan festival, tech trance tetap dahsyat kok.

Musisi populer saat ini seperti Armin van Buuren, Paul van Dyk, Alex MORPH dan sebagainya juga sering main Tekno Trance. Memang kalo saya perhatikan, Dj saat ini mainnya sudah ga peduli lagi dengan pengelompokan genre. Setiap lagu yang mereka hasilkan merupakan proses terciptanya sesuatu yang baru, jadi selalu unik dan penuh kejutan gan. Selebihnya bisa cek di halaman ini aja deh gans.

Klik :   Momen dan Fakta Menarik Tentang ASOT

Tekno Trance di Indonesia

Yow Indonesia nih, seperti yang kita ketahui musik elektronik yang populer di indonesia cukup beragam. Secara sistematis dikelompokkan oleh komunitasnya, dimulai dari koplo, orgen tunggal, funkot, house, tekno sampai ke trance. Sejauh yang saya tahu, kebanyakan Dj Indonesia yang main Trance saat ini ya biasanya Tekno Trance itulah. Mungkin karena memang lagi jamannya tekno-teknoan dan jumlahnya juga yang masih sedikit gans.

Klub funkot, House atau Tekno jauh lebih banyak daripada klub Trance. Ditambah lagi minimnya media yang mengangkat informasi tentang musik trance. Secara umum orang indonesia menyebut musik-musik semacam ini dengan sebutan “Musik DJ” titik!. Jadi sebagai mminoritas, tak jarang komunitas Trance harus menumpang ke klub-klub mayoritas itu tadi. Lumayanlah daripada tidak sama sekali.

Sekian artikel tentang musik tekno trance, kalo ada yang salah mari kita perbaiki bersama. Tulisan ini saya sesuaikan dari banyak potongan referensi berbahasa asing. Selebihnya saya sesuaikan dengan pengetahuan dan pengalaman pribadi saya sendiri. see ya !!

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *