Vokal Metal Yang Banyak Digunakan - MetalTrance

Vokal Metal Yang Banyak Digunakan

Jenis vokal metal – Seiring berkembangnya scene musik metal di dunia, sudah banyak sekali jenis vocal metal yang digunakan oleh para vocalis. Dengan berbagai tingkat kesulitan, keunikannya pun begitu beragam. Menurut saya sih sulit sekali malah, bahkan ada beberapa jenis vocal yang hanya dapat dilakukan oleh sedikit vocalis. Berikut yang paling populer diantaranya;


Pemanasan gans

1. Jenis Scream Vocal

Pada jenis vokal metal Scream ini sendiri terbagi menjadi 3 tipe, yaitu Falsetto Scream, Fry Scream dan Shrieking Scream. Keduanya sering sekali digunakan pada genre Metalcore dan Detahcore. Jenis Vokal ini biasanya hanya digunakan pada durasi tertentu saja. Sebagai penekanan pada lirik atau berteriak semaunya hahahaaa.

Band-band yang populer dengan jenis vocal ini seperti Bring me the Horizon, The Pierce Veil, Alesana, Avenged Sevenfold, Bullet For My Valentine dan masih banyak lagi. Oya Vocal Scream ini terkadang diasumsikan sebagai jenis vocal ababil, emo, blasteran dan lain sebagainya. Ya itu dikarenakan jarang digunakan oleh band-band dengan genre Metal murni, jadi kesannya ga metal-metal amat gitu.

2. Jenis Vokal Metal Growl

Ini asli metal banget gans, secara bahasa Growl berarti mengeram. Hampir semua aspeknya berlawanan dengan tehnik scream. Suara vokal bernada rendah yang terdengar sangat kasar. Sebetulnya ada 3 macam tehnik Growl yang sering digunakan. Pertama Deep Growl dengan nada rendah dan dalam. Kedua ada Shoutgrowl yang terdengar marah plus bentak-bentak. Dan terakhir Deathgrowl  yang suaranya parau seperti menggerutu dan mendengkur atau ngorok.

Klik :   Band Metal Terkenal Yang Tidak Disukai

Tidak seperti Scream, Vocal Metal jenis ini digunakan sepanjang lagu gans, kebayangkan betapa sulitnya. Sebagai contoh band Arch EnemyLamb Of God, Cannibal Corpse, NIle dan sebagainya. Genre Death Metal keatas yang sangat cocok dengan tipe vokal growl ini.

3. Jenis Vocal Grunt

Secara umum Vokal jenis Grunt ini terdengar seperti suara monster, entah bicara, marah, teriak atau ngapain aja pokoknya mirip suara monster. Amon Amarth bisa kita jadikan sebagai acuan, hmm ya gitu, coba saja kamu dengar lagunya amon amarth pasti paham. Grunt digunakan sebagai sajian utama gans, jadi full sepanjang lagu, bukan sebagai pemanis.

Selain genre Death Metal dan sekelasnya, Vokal jenis ini sering digunakan oleh band2 Goregrind dan sekelasnya juga. Dan tipe vokal Grunt ini sudah menurunkan jenis vocal lain lagi gans seperti Guttural, Pig Squales dan Gurgle, nanti kita bahasa di lain tulisan. Sebagai pemanasan nih silakan di nikmati gans.

Klik :   Wacken Open Air dan Orang Indonesia

4. Tipe Vokal Harsh

Vokal jenis ini dibuat dengan cara berteriak seperti scream, dengan nada yang sedikit lebih rendah, tapi tidak juga growl. Hampir seperti kalo orang normal yang teriak, setiap kata-katanya tetap terdengar jelas. Vokalis jenis ini biasanya memiliki suara asli yang berat, parau dan bersahaja hahahaaa. Vokalis dari band Thrash Metal dan Death Metal jadul banyak menggunakan tehnik Harsh ini. Seperti Slayer, Kreator, Megadeth, Children Of Bodom de el el.

Yak saya rasa 4 jenis vokal metal diatas adalah tipikal vokal yang banyak sekali digunakan oleh band-band metal secara umum. Kalau sebelumnya saya pernah tulis tentang Negara Paling Metal, Nanti di postingan selanjutnya saya akan tulis tentang vocal metal yang paling aneh dan paling sulit gans. Sebagai bocoran:  vokal jenis False Chord dan Death, see ya !!

Pencarian terkait:

  • jenis jenis scream metal

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *