Evolusi Musik Pra Sejarah Sampai Sekarang

Posted on
Evolusi Musik merupakan salah satu wujud kebutuhan ekspresif seseorang, musik menjadi “sesuatu” bagi manusia untuk mengekspresikan gejolak jiwanya, melalui suara dari berbagai media, dan kemampuan bermusik ini digunakan dalam upaya mewujudkan pencapaian tertentu. by MetalTrance.
 

Untuk itu saya mencoba menyelami sumur sejarah, mencari tahu kapan dan dimana semua itu mulai diwariskan oleh para leluhur kita. Sejauh yang kita pelajari saat ini, ada 2 peradaban utama yang mengukir dalam tonggak sejarah manusia. Ya tentu Mesopotamia dengan Sumeria, Babilonia hingga Persia nya. Dan Mesir yang terkait dengan banyak bangsa lainnya seperti Palestina, Yunani, Hyksos sampai Romawi kuno.

Musik selalu ada dan terus berkembang mengiringi kemajuan peradaban manusia itu sendiri. Bahkan jauh lebih tua dari peradaban yang tersebut diatas, yap! bagaimana dengan masa pra sejarah!??

Mungkin sekali terjadi, saya membayangkan manusia pra sejarah lebih dulu menciptakan “Musik” daripada bahasa untuk berkomunikasi dengan sesamanya. Entah itu berupa siulan, growling, screaming atau entah apalah namanya itu, penggunaan alat seperti tulang, besi, kayu atau juga sangat mungkin, dengan digesek, ditiup, atau diketuk misalnya.

Hmm itu kan berdasarkan bayangan saya saja, sah-sah saja kan, kalo ada rekan sekalian yang ahli dibidang itu mungkin bisa bantu menjelaskannya di kolom komentar.
Terkait dengan bahasan diatas, saya kasih satu materi berupa video untuk kita renungkan sejenak, ini nih;


Menarik sekali bukan?? Si empunya mengasumsikan musik dari peradaban purba paling modern yakni Neanderthal sekitar 40.000 tahun sebelum masehi, sekedar asumsi saja ya gan, jangan terlalu serius karena sekali lagi kita bukan ahlinya.

Klik :   Blog Bule vs BLog Indo - Apa Saja Beda nya

Secara berurutan si empu menyematkan juga contoh seni musik dari Mesopotamia, India kuno, Cina kuno, Yunani kuno, Romawi  dan seterusnya hingga awal tahun masehi. Wah ajib banget ya, alunan musik sederhana dibalut dengan lirik Ketuhanan, membuktikan zaman itu agama atau tuhan berada di puncak prioritas kejiwaan seseorang.

Sip itu musik kuno gan, lalu bagaimana dengan evolusi musik hingga sampai sekarang? Oke berhubung di blog saya ini sudah banyak sekalli embed video youtube, jadi untuk menjawab pertanyaan itu saya kasih link ini aja deh.

Evolusi Musik dari Zaman Sumeria Kuno sampai 2017.

Baiklah berhubung sudah pagi, sudah waktunya untuk membuka jendela kehidupan hari ini, sekian artikel tentang Perubahan Musik dari Zaman  Dulu hingga sekarang, see ya !!

Klik :   Rahasia Blog Sukses, Wajib Kuasai 7 Dasar Ini

gambar: https://steemit.com/music/@playitforward/what-did-prehistoric-music-sound-like

Gambar Gravatar
Mimin Brohmin, gantang dan tamvan itu pasti. Penulis amatir terbaik satu-satunya di MetalTrance.com. Kalo ada sesuatu yang mengganjal dan meresahkan segera Contact gans.

8 thoughts on “Evolusi Musik Pra Sejarah Sampai Sekarang

  1. Musik atau alunan dendangan lagu memang punya Nuansa yang berbeda-beda dari zaman dahulu Kalla…Tetapi semuanya tetap punya arti bagi sang pelantunnya…

    Karena musik juga sudah jadi bagian hidup dari manusia…😄😄😄

  2. Baru tau kalau dulu cara berkomunikasi pada jaman prasejarah itu pake musik yaa, karena mungkin jaman dulu belum bisa brbicara bahasa apapun, mungkin bisa pake isyarat dan alunan musik juga ya kang

  3. Hmm ya menurut khayalan saya sih begitu kak, bahasa terlalu kompleks untuk saling dimengerti ketika itu, jadi sangat mungkin isyarat dan suara2 tertentu menjadi cara mereka berkomunikasi.

  4. Wah, terima kasih referensinya Bro?

    Terkadang, dengan musik saya merasa lebih mengenal Tuhan saya. Musik, apapun jenisnya, buat saya adalah pengantar rasa untuk memaknai substansi hidup dan ketuhanan.

    Apalagi jika mendengar musik tradisional Banyumasan, dan Musik tradisional Dayak, Sape…

    Sepertinya saya akan sering mampir ke Blog ini…Trims broh?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *