beda blog indo vs blog bule
beda blog bule vs blog indo

Blog Bule vs BLog Indo – Apa Saja Beda nya

Posted on

Tahu beda nya blog indo vs blog bule ?, Ini bukan postingan seputar optimasi Adsense ataupun SEO ya, ini hanya sedikit yang ganjalan dipikiran saya selama ini. Hampir semua konten di blog ini memiliki sumber atau referensi valid dari blog bule. Karena keseringan begitu akhirnya saya memahami apa yang membedakan antara blog bule dengan blog indo.

Seperti yang saya katakan di paragraf pertama tadi, saya persempit bahasan ini hanya seputar Blog yang menjadi tempat saya mencari referensi saja ya. Jadi jangan terlalu serius karena ini bukan keseluruhan lho. Okeh gans, terdapat 3 poin yang saya soroti dalam hal perbedaan kualitas blog indo vs blog bule yaitu konten, desain dan admin. Blog yang saya maksud dalam postingan ini termasuk jenis Website dan Weblog dan forum. Baiklah berikut penjelasannya;

beda blog indo vs blog bule

Perbedaan Blog Bule vs Blog Indo secara Kualitas Konten

Hmmm ini poin pertama, kita semua sering sekali mendengar dan membaca pepatah kunodari Bill Gates “Content is King”. Ya konten adalah raja.Web bule umumnya memuat konten yang fresh, informatif dan lengkap, lengkap sekali malah. Selain dari konten utamanya, mereka sering sekali menyertakan media-media pendukung untuk memperjelas bahasan di artikelnya, mereka juga tak sungkan membeberkan link sumber yang menjadi landasan artikelnya.

Sedangkan web indo sering sekali hanya sekena nya saja, ada yang fresh ada juga yang basi, cukup informatif tapi sering saya ragukan kredibelitasnya karena tak disertai link acuan. Konten media yang dimuat umumnya hasil comot dari yang sudah beredar di Internet, ya itu termasuk saya sendiri sih “indo” banget kan.

Desain – Yang Membedakan Blog Indo vs Blog BUle

Dalam poin desain ini ada 2 hal lagi yang menjadi ganjalan saya, yakni pengalaman pengguna dan kecepatan akses. Sebagai contoh silakan kunjungi halaman web BIllboard ini.

Klik :   Evolusi Musik Pra Sejarah Sampai Sekarang

Blog bule biasanya itu kurang keren dan berat banget gans, tidak jarang selama membaca artikelnya pun indikator google chrome terus muter-muter aja, entah apa yang diload pokoknya muter gans. Setelah saya amati, umumnya konten media itu tadi yang menjadi faktor berat berlebihan pada blog bule. Oya jarak server website mereka dengan ip akses internet saya juga bisa menjadi alasan kenapa blog bule itu berat.

Sedangkan blog indo banyak menangnya dalam hal desain, tak sulit mencari template Blogger ataupun theme WordPress di indonesisa tercinta ini. Mulai dari yang gratisan, berbayar tapi tak bayar, berbayar tapi tak berharga sampai yang berbayar harga selangit mudah didapat. Lagipula biasanya blog indo sangat peduli dengan kecepatan loadingnya, selain dari optimasi SEO dan Adsense “katanya”, akses internet dibawah standar juga menjadi landasan.

Perbedaan Admin Blog Bule vs Blog Indo

Ini lucu nih, perbedaan prilaku Admin antara blog indo dengan blog bule ini cukup signifikan. Selain 2 poin diatas, perbedaan mencolok terdapat pada perangkat atau fasilitas yang digunakan oleh masing-masing admin, ya perangkat komputer dan jaringan internet tentunya.

Admin blog bule standarnya tinggi gans, perangkat keras Flagship, perangkat lunak Lisenced, server dewa dan jaringan internetnya premium. Itu kenapa mereka hanya fokus pada kualitas konten dan pengembangan website/blog nya. Hingga mengabaikan optimasi kecepatan akses, lagipula kan target pengunjungnya ya sessama bule yang memiliki standar fasilitas jauh lebih tinggi dibandingkan user Indonesia. Mereka pun mempersilakan penggunanya membuat komentar dengan mudah, lihat saja komentarnya sering berjibun, seperti tak peduli kalau banyak yang spam.

Klik :   Kenapa MetalTrance ? - Tentang Saya

Sedangkan admin blog indo tidak banyak yang yang seberuntung itu bisa mendapatkan fasilitas level high end, apalagi flagship. Itu pun sudah kelas karyawan di perusahaan multimedia dan IT saja biasanya yang bisa menikmati perangkat dan jaringan kelas premium. Jadi secara bagi blogger indo yang bekerja secara perorangan ya gitu deh, harus hati-hati dalam memanfaatkan resource CPU, RAM, Storage dan Bandwith nya. Wajar kalau banyak blog yang kalo mau dikomentari itu verifikasinya berlapis-lapis, setelah lulus captcha dan verifikasi otomatis, komentar kita harus melalui verifikasi manual dari sang admin hahahaaaa, lagi-lagi SEO yang jadi kambing hitamnya.

Kesimpulan

Tak ada pemenang sejati disini, semuanya relatif, prioritas admin dan pengalaman pengguna juga pasti beda-beda. Makanya dari awal tulisan tadi sudah saya katakan ini hanya berdasarkan penilaian saya sendiri. Blog bule cuma menang Kualitas Konten dan kebebasan berkomentar. Blog indo menang keren desain dan kecepatan akses, tapi nilainya sama 50:50 lah ya.

Postingan serius : 20 Lagu Psytrance Terbaik Sepanjang Masa

Sip sepertinya cukup segini dulu ya, artikel mengenai Perbedaan Blog Bule vs Blog Indo. Kalo kamu suka dengan tulisan ini komentar, like dan subscribe. Dan bagi yang tidak suka silakan subscribe dan komentar saja deh, ga usah kasih like 😉 ga papa. See ya !!

Gambar Gravatar
Mimin Brohmin, gantang dan tamvan itu pasti. Penulis amatir terbaik satu-satunya di MetalTrance.com. Kalo ada sesuatu yang mengganjal dan meresahkan segera Contact gans.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *